SMA N 1 Bantul – 17 April 2018 SMA N 1 Bantul dalam kesempatan ini mendapatkan kehormatan karena ditunjuk untuk menjadi tempat penyelenggaraan acara “Museum Masuk Sekolah”. Dalam rangka mensosialisasikan keberadaan museum sebagai wahana yang bernuansa edutainment, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyelenggarakan Museum Masuk Sekolah yang bertajuk “Museum sebagai Media Edukasi dan Informasi”.

Selain itu tujuan dari diadakannya acara Musem Masuk Sekolah ini adalah untuk menanamkan nilai-nikai sejarah perjuangan, wawasan kebangsaan, nasionalaisme dan patriotisme kepada anak-anak muda.

Dalam kegiatan ini, dua ruang kelas sekolah SMA Negeri 1 Bantul disulap menjadi museum mini dadakan. Dalam ruang kelas yang menjadi Museum mini dadakan ini berisi aneka macam barang-barang perjuangan saat kemerdekaan. Tampak ada meriam, pedang, alat makan kuno, kentongan penghimpun massa, pazel sejarah, ransel Letkol Soeharto saat perang kemerdekaan, hingga beberapa patung pahlawan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, dari hari Selasa (17/4/2018) sampai Kamis (19/4/2018). Dalam kegiatan ini rencananya akan ada berbagai kegiatan yang akan dilangsungkan. Di antaranya, ada seminar museum dan sejarah, pameran benda sejarah dan kunjungan ke tempat-tempat sejarah serta akan diadakan berbagai macam perlombaan dan pentas seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *