Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI, pada hari Rabu, tanggal 11 Januari 2023 Perpustakaan Amarta SMA Negeri 1 Bantul melaksanakan kegiatan re-akreditasi secara online. Tim asessor yang ditugaskan untuk kegiatan tersebut adalah Bapak Drs. Supriyanto, M.Si., Ibu Dra. Adriati, M.Hum. dan Ibu Mujiani, S.Sos. Pada acara pembukaan hadir pula Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DPAD DIY, Bapak Muhammad Rasyid Budiman, S.Si.
Dalam sambutannya, Bapak Drs. Supriyanto, M.Si., bertindak sebagai perwakilan asesor, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri 1 Bantul atas komitmennya untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan konsistensi kualitas layanan sehingga pada tahun 2022 mengajukan permohonan re-akreditasi perpustakaan.
Rangkaian acara pada re-akreditasi dimulai dengan upacara pembukaan, Sambutan Kepala Sekolah SMAN 1 Bantul, Bapak Ngadiya, S.Pd., MM dan presentasi Kepala Perpustakaan Amarta, Ibu Yuana Purnaminingsih, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan peninjauan perpustakaan (Library Tour). Setelah itu, verifikasi instrumen dan bukti fisik, dan resume dari tim asessor re-akreditasi. Dalam kegiatan Library Tour, kepada assessor divisualkan lokasi perpustakaan, fasilitas dan sarana prasarana yang ada di gedung induk dan area perpustakaan. Penanggungjawab acara dalam Library Tour ini adalah Ibu Dwi Subekti, M.Pd. Dan dibantu Tim IT yang solid, dengan semangat memaparkan lokasi dan sarana prasarana yang dimiliki Perpustakaan Amarta. Selain itu juga diperlihatkan demonstrasi alur dalam layanan perpustakaan dan display berbagai kegiatan literasi yang dilaksanakan Perpustakaan Amarta.
Kegiatan verifikasi instrumen dibagi menjadi 2 ruangan. Pemeriksaan komponen 1 – 3 dilakukan oleh Ibu Dra. Adriati, M.Hum. dan komponen 4 – 6 oleh Ibu Mujiani, S.Sos. Penanggungjawab komponen 1 Koleksi Perpustakaan adalah Ibu Khikmah Khoirunnis, A.Md. dan Ibu Miyati Murih Rahayu, S.Pd. Penanggungjawab Komponen 2 Sarana dan Prasarana adalah Mahalalila Bunga Nirwana, A.Md dan M Nurhuda Rohman. Penanggungjawab Komponen 3 Pelayanan Perpustakaan adalah Ibu Asta Puji Utami, M.Pd., dan Bethi Novianningsih, M.Pd. Penanggungjawab Komponen 4 Tenaga Perpustakaan adalah Ibu Sumarsih, M.Pd dan Ibu Sumiati, M.Pd. Penanggungjawab Komponen 5 Penyelanggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan adalah Ibu Sumartini, A.Md. beserta Ibu Yanti Widjiastuti, M.Hum. Penangungjawab Komponen Penguat Perpustakaan adalah Ibu Triningsih, M.Pd dan Ibu Erna Pujiasih, M Pd. Berbagai macam verifikasi dan diskusi dilaksanakan oleh assessor bersama penangung jawab komponen re-akreditasi perpustakaan.
Setelah proses verifikasi instrumen dilakukan, acara berikutnya adalah resume hasil hasil sementara. Pada acara resume hasil sementara, Ibu Dra. Adriati, M.Hum. mengapresiasi Perpustakaan Amarta karena dapat mempertahankan layanan yang ada. Hasil penilaian terhadap Perpustakaan Amarta dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Amarta dapat menjadi rujukan nasional. Beliau berpesan agar Perpustakaan Amarta konsisten mempertahankan dan bahkan meningkatkan layanannya.